Selasa, 15 September 2009

FM - 200

FIRE ALARM CONTROL PANEL ( FM - 200 )

Adalah alat pendeteksi sebelum terjadi kebakaran , alat biasanya di pasang pada Gedung / Ruang yang membutuhkan proteksi guna menjaga agar Gedung / Ruang terhindar dari bahaya kebakaran “SAFETY” Alat ini biasanya orang memapasang nya di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau oleh orang lain juga memudahkan operator untuk mengoperasikan .

1. GAS FM-200 :

Adalah jenis Gas yang dapat memadamkan Api secara total,bekerjanya berdasarkan intruksi dari FACP apabila FACP sudah nyala menerima 2 input Smoke Detector . Gas FM-200 ini bertekanan tinggi sampai 25 Bar akan keLuar dalam waktu 10Detik untuk pemadaman .

2. SMOKE DETECTOR :

Adalah Equitment yang cara kerjanya sebagai pendeteksi adanya Asap , alat ini biasanya dipasang di Celling atau di bawah Rest Floor , jarak antara Smoke Detector 5x5 M.Terkecuali diruang Colidoor , bisa melebihi standart yang ada. Disesuaikan dengan ruangan (baik dari segi Estetika).


3. ALARM BELL :

Adalah Equitment yang dapat berbunyi apabila Smoke Detector sudah mendeteksi adanya Asap biasa disebut Zone-1 alat ini biasanya dipasang di tempat Setrategis agar suaranya dapat terdengar jelas .

4. HORN STROBE :

Adalah Equitment yang dapat berbunyi lampu Flassing menyala saat Smoke Detector mendeteksi adanya Asap biasanya disebut Zone-2 alat ini biasanya di pasang dekat
dengan Alarm Bell .

5. ABORT SWITCH :

Adalah Equitment yang dapat berfungsi sebagai penunda Gas FM-200 sebelum masuk hitungan Delay Timer biasa alat ini di pasang berdekatan dengan FACP untuk memudahkan pengoperasian saat hedak digunakan .

6. MANUAL RELEASE :

Adalah Equitment yang bekerja secara manual yang dapat di gunakam untuk mengeluarkan Gas FM-200 apabila dalam keadaan Emergency / Dalurat Alat ini terpasang satu paket dengan Abort Switch .


7. DO NOT ENTER LAMP :

Adalah Equitment pemberitahu disaat Gas FM 200 keluar Lampu menyala merah , alat ini biasanya dipasang di atas pintu Ruangan , disaat gas keluar pintu jangan dibuka selama 10 Menit .

8. SELENOID :

Adalah Equitment pengatup tabung Gas FM-200 apabila system di Panel Fire Alarm di aktifkan , alat ini dipasang pada Tabung Gas FM-200 .


9. FIRE CONTROL MODULE :

Adalah Equitment yang berfungsi hanya sebagai contec mengeluarkan output 24 VDC .

10.MINI MONITOR MODULE :

Adalah Equitment yang berfungsi sebagai Free Contec hanya mengeluarkan NO / NC.

“MELAKUKAN PENGETESAN DAPAT MENGUNAKAN”
Smoke Detector Tester, Asap Rokok , Magnit

CARA MELAKUKAN PENGETESAN SMOKE DETECTOR ZONE - 1

1. Bila Anda mengunakan Smoke Detector Tester atau Asap Rokok semprotkan Asap tersebut dengan jarak 5 s/d 10 Cm. kemudian tunggu sampai Smoke Detector memberi respon hingga Lampu Led Smoke Detector menyala merah berarti Asap tersebut sudah terdeteksi .

2. Apabila Anda mengunakan Magnit maka tempelkan Magnit tersebut pada permukaan Smoke Detector lalu di putar mengelilingi bibir Smoke Detector dan tunggu sampai Lampu Led indikasi menyala kurang lebih 10 sampai 15 Detik , semangkin besar Magnit yang digunakan semangkin cepat reaksinya .


3. Smoke Detector yang sudah terdeteksi Asap secara Otomatis Alarm Bell akan berbunyi , berarti Smoke Detector tersebut sudah merespon adanya Asap / Aktif Berarti sudah masuk Zone-1

4. Bila Anda tidak ingin berisik dengan adanya bunyi suara Bell maka Anda dapat menekan tombol Signal Silence,secara Otomatis suara Alarm Bell tersebut mati
atau berhenti .

5. Untuk dapat mengetahui Smoke Detector mana yang terdeteksi Asap Anda dapat melihat di Layar / Display Panel Fire Alarm disitu akan keluar tampilan nama Ruang dan Nomor Address Smoke Detector .

3 komentar:

Edy Susanto mengatakan...

Perkenalkan nama saya Edy Susanto.
Saya bekerja di bidang Fire Protection Specialist. Salah satunya Product kami Fire Suppression System FM-200 Merk PYROCHEM dan NOVEC 1230 Merk SEVO.
NOVEC 1230 adalah GAS SUPPRESSION SYSTEM YANG SANGAT RAMAH LINGKUNGAN DAN MERUPAKAN PENYEMPURNAAN DARI GAS FM-200 TAPI DENGAN SYSTEM CARA KERJA YANG SAMA. Fire Suppression sendiri digunakan sebagai pencegahan kebakaran pada ruangan yang bersih, tetutup (bukan open area), dan nilai barang yang diproteksi tidak bisa semata2 dinilai dengan uang. (Data Center, Museum, Gedung Arsip, Dll) Semoga sedikit penjelasan diatas bisa membantu anda mengenal tentang Fire Suppression System. Bila anda butuh penjelasan lebih lanjut anda bisa menghubungi saya. Terima kasih.

Edy Susanto
0813-115.82828
(021)975.82828
e-mail: edychristiano7@yahoo.com

salam mengatakan...

terima kasih mas edy masukkan nya, maaf baru sempat membalas tulisannya.. saya sangat berharap ada transfer ilmu dari anda

div teknis Revicon mengatakan...

salam indonesia mas edi,
saya joe dan saya salut ada orang indonsia yang mau transfer pemgetahuan kesesama, karena biasanya di indon itu bermental para touke china yang maunya jualan saja,sukses ya buat anda